Senin, 09 Januari 2017

Aktive VS Cerdas



Kemasan Aktive VS Kemasan Cerdas


Kemasan aktif sudah kita bahas beberapa waktu yang lalu, ada yang berupa moisture absorber, Oxygen absorber, maupun bahan-bahan yang lain yang berfungsi sebagai tools atau alat yang dapat memperpanjang usia ekonomis, mempertahankan kerenyahan, maupun fungsi fungsi yang lainnya.
Seperti contoh gambar diatas silica gel yang merupakan jenis dari moisture absorber, berfungsi sebagai pengendali kelembaban pada suatu produk, sehingga dengan diberikannya moisture absorber pada kemasan produk otomatis menjaga tingkat kelembaban dalam kemasan produk, sehingga dengan adanya kemasan aktif ini dapat meningkatkan usia ekonomis pada suatu produk.
Produk-produk  yang patut diberikan kemasan aktif ini adalah hampir semua produk, namun untuk produk produk yang memiliki tingkat penyerapan kelembaban yang tinggi (higroskopis) sepertinya lebih baik diberi kemasan aktif ini, contohnya : keripik buah yang di proses melalui penggorengan hampa udara (Vacuum Frying) seperti keripik melon, keripik manga, keripik semangka, dll.  produk-produk susu bubuk juga perlu ditambahkan kemasan aktif ini, dll
Secara singkat, dapat disimpulkan bahwa kemasan aktif adalah alat yang dapat membuat produk fresh lebih lama atau dapat juga meningkatkan usia ekonomi yang diakibatkan peran aktif dari kemasan aktif.  nah sekarang apa bedanya dengan Kemasan Cerdas …?????
Jika kemasan aktif fungsinya sebagai tools atau alat yang secara aktif melindungi produk terus apa bedanya dengan kemasan cerdas (smart Packaging).
Dalam dunia persaingan yang kian ketat, servis yang prima bagi pelanggan sudah menjadi kewajiban jika tidak mau terlindas hebatnya persaingan.  produsen berlomba lomba memberikan jasa dan pelayanan yang exelent, hampir semua kegiatan, pasti memberikan service yang bagus, syukur-syukur bias lebih bagus dari pesaing.  masih erat kaitannya dengan persaingan, kemasan cerdas sudah mulai diperkenalkan, meski hanya untuk segmen-segmen tertentu.
diatas ada sebuah gambar yang dinarasikan pada produk susu.  ketika produk masih segar, kemasan berbentuk putih polos.  seiring dengan berjalannya waktu, tampak bahwa kesegaran produk berkurang, hal ini ditunjukkan dengan berubahnya gambar pada kemasan.  semakin banyak warna orange… menunjukkan semakin dekat produk dengan exp date (tanggal kadaluarsa).
Disini consumen sangat terbantu dengan kemasan cerdas macam ini.  masih banyak contoh-contoh lainnya seperti kemasan untuk daging yang dapat menunjukkan seberapa segar produk yang ada didalamnya,  begitu pula dengan produk-produk lainnya.
semoga sedikit dari AA Packaging bias mewarnai perjalanan kemasan di Indonesia
AA Packaging House Indonesia
Inspirasi Kebangkitan UKM Indonesia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar